FS



Mobile Computing



Komputasi bergerak (mobile computing) merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi. Mobile computing juga bisa diartikan sebagai sebuah teknologi yang mengijinkan transmisi data melalui sebuah komputer tanpa harus dikoneksikan pada sebuah fixed physical link (wireless atau nirkabel). 

Dari istilah mobile computing tersebut dapat disimpulkan bahwa mobile computing merupakan sekumpulan operasi-operasi komputasi yang mengizinkan seorang user untuk mengakses informasi dari peralatan portable seperti notebook, PDA, mobile  phone, pemutar music, peralatan game portabel dan sebagainya, dimana dapat digunakan untuk mendukung komunikasi.

Teknologi Jaringan

Teknologi jaringan selular berevolusi dari analog menjadi sistem digital, dari circuit switching menjadi packet switching. Evolusi teknologi selular terbagi menjadi:

a. 1G: AMPS (Advanced Mobile Phone System)

b. 2G: GSM (Global System for Mobile Communication)

c. 2.5G: GPRS (General Packet Radio System)

d. 3G: UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)

e. 3.5G: HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)

f. 4G: LTE (Long Term Evolution)

Contoh teknologi mobile computing :
- Laptop
- Handphone

Kelebihan Mobile Computing :
- Biaya tidak terlalu mahal
- Bisa Mengaksesan informasi setiap saat & dimanapun
- Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain
- Cocok pada daerah yang belum ada infrastruktur

Kelemahan Mobile Computing :
- banyak tenaga yang digunakan
- gangguan transmis karena cuaca atau yang lainnya
- bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan



0 Responses

Posting Komentar