FS


“New Media”
Koran Digital

Pengetahuan Teknologi Internet dan New Media #


Nama    : Febriansyah Ramadhan
Kelas    : 2IA23
NPM    : 53413369
Dosen  : Bintang Eka Putra


Media baru (bahasa Inggris: new media) merupakan adalah  teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Dan arti dari New Media sendiri adalah berasal dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru.
~ Contoh dari media yang dapat kita lihat adalah Internet. Program Televisi, Film, Majalah, Buku, SuratKabar, dan Jenis Media cetak yang lainnya.


Kali ini saya akan membahas tentang Koran Digital yang termaksud dalam contoh “New Media”.
Koran Digital atau Bahasa Inggrisnya : (e-paper) termasuk ke dalam media yang mudah dimengerti sebagai sarana Komunikasi seperti Pers, Media dan Media Penyiaran (Broadcasting) dan atau bisa juga dianggap sebagai Bisnis yang berkomunikasi dengan para pembaca.




Sejarah Koran Digital
Koran Digital berkembang pesat dengan berkembangnya internet yang mulai dipopulerkan pada tahun 1982. Koran digital muncul sebagai bentuk perkembangan teknologi komunikasi dan sekaligus meudahkan para Konsumen untuk menggunakannya.
Salah satu Koran Nasional yang berkembangnya koran digital ini adalah Koran Kontan yang mulai membuat koran dalam bentuk digital pada 2 Juli 2008. Dan kemudian, sekarang Kompas membuat koran digital Kompas. Dua koran nasional lain yang menjadi pelopor digital adalah harian Republika dan Tempo.
Contoh – Contoh Koran Digital yang sekarang seperti : The Jakarta Post, Okezone, Kompas, Koran Tempo, dan Media Indonesia.

Koran Digital
Koran digital ini merupakan koran yang dapat diakses melalui Media Elektronik seperti menggunakan : Komputer, HP, Laptop dan Tablet. Karena Perkembangan Teknologi, Koran yang tadinya berbentuk cetak Surat Kabar (Koran Biasa) kini tak lagi berbentuk fisik melainkan berbentuk Digital atau Elektronik. Dalam Hal inilah Koran Mengalami Proses Digitalisasi dan sudah banyak media massa yang mengembangkan teknologi koran digital ini dan membuat bentuk online dari koran cetak.
Koran digital berisi pesan-pesan atau berita untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai hal hal yang baru saja terjadi. Prinsipnya sama seperti media cetak namun dikategorikan ke dalam media elektronik karena proses bekerjanya berdasar pada prinsip elektronik dan eletromagnetis. Contoh dari media elektronik antara lain televisi, radio, internet). Edisi online dari sebuah koran ini memiliki reputasi yang tak kalah dengan koran edisi cetak karena berbagai macam user dapat mengakses koran digital ini dan semakin banyaknya pemasang iklan yang terdapat di website.

~ Alasan Munculnya Koran Digital :
- Dapat menjangkau Pemasaran yang luas, dan Memudahkan para Pembaca karna dapat membacanya lewat Media Elektronik.
- Adanya fasilitas hyperlink yang memudahkan pembaca untuk mencari lebih cepat. Dan Hyperlink juga berfungsi untuk Menghubungkan pembaca ke file lainnya.
 - Adanya kemampuan multimedia seperti menampilkan grafik, bunyi, dan video klip dalam dokumen digital secara terpadu  yang memungkinkan koran-koran di masa datang akan lebih hidup seperti halnya radio dan televisi

Kelebihan Koran Digital
·         Tampilan Lebih Menarik karena ditambah dengan gambar bergerak dan iklan
·         Beritanya selalu terbaru karena bisa di update dan upload
·         Kemudahan memilih berita mana saja yang akan dibaca.
·         Cepat dan Bisa Disimpan.
·         Tanpa kertas. Sesuai dengan isu pemanasan global saat ini, koran digital memberikan warna bagi gerakan baru untuk menghemat penggunaan kertas dan percetakan.
·         Memangkas biaya produksi dan pengiriman yang mencapai angka 75 persen dari biaya pengeluaran produksi seluruhnya.
·         Praktis dan mudah di dapat di manapun dan kapanpun karena akses koran digital tidak terbatas dengan berkembangnya teknologi internet. Penyimpanan koran digital pun tidak memerlukan sebuah ruang atau tempat yang luas.

Kekurangan Koran Digital
·         Keterbatasan sasaran pasar. Target yang dituju hanya pada kalangan menengah ke atas yang mempunyai fasilitas internet.
·         Jika tidak menggunakan Fasilitas Internet atau Tidak Terhubung dengan internet tidak akan bisa dibuka ataupun Dibaca.
·         Dijadikan lahan bisnis media dan komersil.
·         Masih menggunakan Loading atau bisa dibilang menunngu Proses Mendownload Korannya
·         Mahalnya biaya internet di Indonesia

Kesimpulannya : Koran Digital ini sangat Membantu kita untuk Menutupi waktu luang di jalan atau dimana pun. Dengan Majunya Teknologi Koran Digital lah bisa tercipta. Dan sekaligus merupakan koran yang dapat diakses melalui Media Elektronik seperti menggunakan : Komputer, HP, Laptop dan Tablet dengan menggunakan Fasilitas Internet. Dengan begitulah Koran Digital ini disebut New Media (Media Baru).


Referensi Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Koran_digital

Videonya


 
0 Responses

Posting Komentar