Konsep
Pembuatan Script Game
a. Scenario Game
Arti dari Scenario merupakan alur dari suatu
cerita yang digunakan sebagai susunan dari suatu cerita. Didalam game terdapat
yang namanya Scenario (Alur cerita).
Arti dari Scenario Game itu sendiri adalah alur
cerita permainan yang diawali dari awal permainan hingga akhir dari permainan
itu sendiri.
Jadi , Scenario Game adalah alur cerita dari
permainan tersebut. Dari awal permainan hingga akhir permainan (Tamat).
b. Script Game
Script adalah perintah – perintah atau kumpulan
listing program yang digunakan untuk menjalani suatu program tersebut. Bisa
disebut juga Script itu code program.
Script pada game merupakan rangkaian bahasa
program yang digunakan untuk diimplementasikan kedalam Game tersebut agar bisa dimainkan.
c. StoryBoard Game
StoryBoard merupakan sketsa gambar yang disusun
berurutan sesuai dengan naskah. Dengan Story Board kita dapat menyampaikan ide
cerita maupun alur game kita kepada orang lain dengan lebih mudah. StoryBoard
juga dapat membantu mempermudah kita untuk menyelesaikan sketsa game, karena
storyboard bisa melalui ide – ide dari orang banyak, yang akan dijadikan
cerita.
Storyboard juga berguna bagi editor untuk
membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai dengan skenario dengan
lebih mudah dan cepat. Dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard
para pemain dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat.
Storyboard mudah dimengerti untuk memberikan tata letak visual dari adegan
seperti yang terlihat melalui lensa kamera.
Konsep
AI
a. Deskripsi Umum
Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence
(AI) merupakan suatu komputer yang diberi sistem untuk dapat menyelesaikan
suatu masalah layaknya seperti manusia.
Pengertian AI itu sendiri adalah merupakan
sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada
saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia menurut “Rich and Knight” .
b. Decision Making (Membuat Keputusan)
Decision Making
Sebelum kita membahas Decision Making Tree pada
Game. Kita harus tau terlebih dahulu teori dari Decision. Maka dari itu saya
akan membahas terlebih dahulu, Apa arti dari Decision Teory??
Decision Theory
Decision Theory (Teori Keputusan) yang saya
dapat artikan dari sumber – sumber web lainnya,
Arti dari Teori Keputusan yaitu , akan memiliki beberapa tindakan alternative
untuk menghadapi beberapa kemungkinan kejadian yang terjadi dimasa yang akan
datang.
Decision Making Game
Pengertian decision making yaitu suatu pemecahan
masalah dan pengambilan keputusan. Decision making game merupakan suatu
pemecahan masalah dalam pembuatan permainan dan menentukan solusi dari suatu
masalah tersebut.
Decision Tree
Decision Tree (Pohon Keputusan) merupakan metode
klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal. Metode pohon keputusan
ini dapat mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang
menjelaskan tetang aturan.
Aturan dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa
alami.
Pohon Keputusan juga berguna untuk mengekspor
data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel input
dengan sebuah variabel target. Karena pohon keputusan memadukan antara
eksplorasi data dan pemodelan, pohon keputusan ini sangat bagus sebagai langkah
awal dalam proses pemodelan bahkan ketika dijadikan sebagai model akhir dari
beberapa teknik lain (J.R Quinlan, 1993).
State Machine
Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metodologi
perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja
sistem dengan menggunakan tiga hal berikut : State (Keadaan), Event (kejadian)
dan Action (aksi). Pada satu saat dalam periode waktu yang cukup signifikan,
sistem akan berada pada salah satu state yang aktif. Sistem dapat beralih atau
bertransisi menuju state lain jika mendapatkan masukan atau event tertentu,
baik yang berasal dari perangkat luar atau komponen dalam sistemnya itu sendiri
(misal interupsi timer).
Rule System
Rule Based System merupakan metode pengambilan
keputusan berdasarkan pada aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan. RBS
dapat diterapkan pada agen virtual dalam bentuk kecerdasan buatan sehingga
dapat melakukan tindakan tertentu. Tindakan tersebut direpresentasikan oleh set
aturan yaitu penyebab tindakan itu terjadi, proses tindakan dan hasil dari
tindakan tersebut.
Path Finding
Metode path finding ini adalah metode yangpaling
mudahditemui pada permainan dengan tipe strategi, seperti : DOTA. Dimana kita
menunjuk satu tokoh untuk digerakkan ke lokasi tertentu dengan mengklik lokasi
yang hendak dituju. Si tokoh akan segera bergerak ke arah yang ditentukan
dengan kita, dan dapat menemukan jalur terpendek ataupun menghindari dari
rintangan-rintangan yang ada.
Algoritma Path Finding yang paling banyak digunakan utnuk mencari
jarak terpendek secara efisien adalah algoritma A* (yang dibaca: A star). Algoritma A* adalah mendefinisikan area
pencarian menjadi sekumpulan node-node (tiles). Titik awal dan titik akhir
ditentukan terlebih dulu untuk mulai penelusuran pada tiap-tiap node yang
memungkinkan untuk ditelusuri.
Waypoint (Titik Acuan)
Waypoint adalah titik acuan yang digunakan untuk
keperluan navigasi untuk mengidentifikasi sebuah titik di peta. Koordinat - Koordinat
itu biasanya menyertakan longitude, latitude, dan kadang altitude untuk
keperluan navigasi di udara. Waypoint digunakan di berbagai navigasi yang tidak
memiliki jalur yang tampak seperti navigasi di udara dan navigasi di laut, juga
navigasi di darat yang tidak memiliki jalur yang jelas. Khusus navigasi di
darat yang tidak menggunakan manusia sebagai penentu arah melainkan robot,
waypoint digunakan meski terdapat jalur yang jelas. Hal ini penting agar robot
tetap memiliki rute.
Waypoint dibagi menjadi 2 jenis, yaitu (Waypoint
Fly By) dan (Waypoint Fly Over). Waypoint fly by tidak melewati lokasi di
atas way point namun tetap menuju ke arah tujuan, sedangkan waypoint fly over
melewati lokasi di atas way point. Setelah satu waypoint terlewati, maka pilot
harus menetapkan waypoint berikutnya yang disebut dengan waypoint aktif.
Strategic AI
Strategic AI adalah ilmu yang mempelajari
tentang pengembangan kecerdasan buatan secara bertahap, pengembangan dilakukan
secara bertahap dari generasi ke kegenasi lalu dibandingkan hasil nya untuk
memperolah catatan pengembangan ai.
Referensi :
Posting Komentar