FS

A. Bisnis
Seperti yang kita ketahui tentang bisnis. Bisnis adalah salah satu usaha yang luas dala segala hal. Seperti jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya . Terdapat 3 Hal penting dalam bisnis yaitu : Menghasilkan Barang dan Jasa, Mencari Profit, dan Memaksimalkan kebutuhan konsumen. Dalam dunia perekonomian, bisnis memiliki karakteristik yakni sebagai berikut :

1. Lembaga atau institusi atau organisasi sosial dan ekonomi
2. Berhubungan dengan berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia.
3. Mencari laba, profit atau keuntungan.
4. Menetukan harga yang sesuai
5. Akan ada kemungkinan mengalami kerugian

Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis yang saya tau iyalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari fikiran-fikiran dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan mereka tersebut.

Fungsi Bisnis
Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk, Sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat atau jasa dengan cara :

- Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
- Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi distribusi
- Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
- Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran

B. Proses Pembuatan Badan Usaha
Dalam Proses Pembuatan Badan Usaha, PT (Perseroan Terbatas) adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.

Syarat umum pendirian PT (Perseroan Terbatas) adalah :

1. Copy KTP para pemegang saham dan pengurus, minimal 2 orang 
2. Copy KK penanggung jawab / Direktur
3. Nomor NPWP Penanggung jawab 
4. Pas photo penanggung jawab ukuran 3X4 = 2 lbr berwarna 
5. Copy PBB tahun terakhir sesuai domisili perusahaan 
6.  Copy Surat Kontrak/Sewa Kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha 
7.  Surat Keterangan Domisili dari pengelola Gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran 
8. Surat Keterangan RT / RW (jika dibutuhkan, untuk perusahaan yang berdomisili di lingkungan perumahan) khusus luar jakarta 
9. Kantor berada di Wilayah Perkantoran/Plaza, atau Ruko, atau tidak berada di wilayah pemukiman. 
10. Siap di survey.

Syarat pendirian PT secara formal berdasarkan UU No. 40/2007 adalah sebagai berikut:

1.       Pendiri minimal 2 orang atau lebih (ps. 7(1))
2.       Akta Notaris yang berbahasa Indonesia
3.       Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan (ps. 7 ayat 2 & ayat 3)
4.       Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI (ps. 7 ayat 4)
5.       Modal dasar minimal Rp. 50jt dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar (ps. 32, ps 33)
6.       Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris (ps. 92 ayat 3 & ps. 108 ayat 3)
7.       Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia, kecuali PT. PMA

C. Dokumen Pembuatan Badan Usaha
Persekutuan Komanditer (commanditaire vennootschap atau CV) adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan.Beberapa langkah yang harus diketahui untuk mendirikan CV adalah sebagai berikut:           

AKTA PENDIRIAN CV
Akta ini dibuat dan ditandatangani oleh notaris, persyaratannya:
  • Menyertakan fotokopi KTP pendirinya.
  • Prosesnya 1-2 hari kerja.

Untuk menglengkapi dokumen-dokumen sebagai syarat Pembuatan Badan Usaha. Berikut adalah dokumen-dokumen dan informasi tersebut:

1. Nama Perusahaan (Anda siapkan 2 atau 3 nama perusahaan bila pilihan pertama ditolak Departemen Hukum dan Ham) 
2. Bidang Usaha yang Digeluti 
3. Nama-Nama Pemilik Modal (Minimal Dua Orang) 
4. Klasifikasi Usaha: Kecil (Rp51 Juta - Rp500 Juta), Menengah (Rp501 Juta - Rp10 M), Besar (Di atas 10 M) 
5.   Persentase Kepemilikan Modal 
6. Nama Direktur Utama/Direktur (Pimpinan Tertinggi Perusahaan) 
7.  Copy KTP Pemilik Modal 
8. Kartu Keluarga (bila Direktur Utama/Direktur adalah perempuan) 
9. NPWP Direktur Utama/Direktur 
10. Foto Direktur/Direktur Utama ukuran 3x4 2 lembar (4x6 2 lembar untuk wilayah Bogor) 
11. Surat Keterangan Domisili Usaha 
12. Copy Bukti Surat Kepemilikan Tempat Usaha dan PBB atau Bukti Sewa-Menyewa Tempat Usaha 
13. Nomor Telepon Perusahaan 
14. Denah Lokasi Tempat Usaha (Bila Perusahaan menjadi PKP (Perusahaan Kena Pajak)

Refensi :
FS
Review Game – Online & Offline

Review Game Online : Point Blank & Seven Knights

- Point Blank

Sejarah Point Blank Online – PB, ya itulah nama singkat yang popular untuk game online point blank. Sekarang ini permainan komputer ber-genre FPS yang dimainkan secara online ini (Point Blank Online) sangat digemari masyarakat dunia, mulai dari kalangan anak-anak, remaja dan bahkan orang tua. Dalam catatan sejarah, asal usul permainan PB atau Point Blank dipublikasikan oleh NCSoft yang dikembangkan oleh Zepetto dari Kore Selatan. Selain Korea Selatan, permainan point blank mempunyai server sendiri di Thailand, Rusia, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri game point blank dikelola oleh PT. Kreon melalui Gemscool. Point Blank berkisah tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force).

- Seven Knights

Seven Knights merupakan game RPG dari Netmarble yang sebelumnya dirilis di Korea Selatan terlebih dahulu. Game ini merupakan salah satu game RPG tersukses Netmarble. Terbukti setelah perilisan pertamanya di Korea Selatan, Seven Knights berhasil menduduki peringkat 5 teratas Google Playstore dan urutan teratas selama 48 Minggu berturut-turut.
Seven Knights ini hampir sama seperti game-game turn base RPG . Contohnya seperti Dragon Blaze dan Brave Frontier. Namun game ini memiliki kelebihan tersendiri dari sisi animasinya yang dipenuhi dengan efek keren dari aksi para karakter, turn base yang dinamis dan tidak cenderung kaku, serta cerita yang sangat menarik. Tentu saja dengan modal ini game besutan Netmarble akan menjadi salah satu game favorit para gamer mobile di Indonesia.

Review Game Offline : Harvest Moon : Back To Nature! & Pepsi - Man

- Harvest Moon : Back To Nature!

Salah satu game yang berhasil mencuri jutaan hati gamer Playstation pertama di masa lalu, kalimat yang satu ini memang pantas diarahkan pada sang legenda dari developer Jepang – Natsume, Harvest Moon: Back to Nature. Ia memang terhitung tidak sulit mencapai tingkat popularitas tinggi, apalagi di Indonesia, yang dikala itu dikuasai Playstation dengan game bajakan yang mudah didapatkan. Lantas, apa yang membuat Harvest Moon begitu spesial? Di kala game lain meminta Anda berperan sebagai seorang pahlawan pembasmi kejahatan, pembela dunia, sang penakluk naga raksasa, dan bertarung dengan serangkaian senjata atau skill yang begitu destruktif, Harvest Moon menarik kembali Anda ke sebuah skenario yang lebih “nyata”. Menjadi seorang petani.

Ciri khas gameplay super unik inilah yang melambungkan nama Harvest Moon. Sensasi gameplay dan tantangan yang berbeda dibandingkan game-game RPG yang selama ini Anda temui menjadi  daya tarik yang sulit untuk ditolak. Anda menjalankan sebuah lahan pertanian yang tentu saja, harus dipastikan memberikan keuntungan dari segi finansial. Namun di sisi lain, Anda juga harus bercocok tanam dan memastikan kondisi kesehatan ternak dan binatang peliharaan yang lain. Di luar aktivitas bertani, ada tuntutan sosial untuk berinteraksi dengan penduduk desa, mencuri hati mereka agar terus mengizinkan Anda tinggal, hingga beragam event pertandingan yang diselenggarakan di tanggal-tanggal tertentu. Satu yang pasti, semua hal ini membuat Harvest Moon begitu menyenangkan, namun juga menantang di saat yang sama.

- Pepsi Man

Game Pepsiman adalah game legendaris yang populer pada masa Console Playstation 1 sedang mewabah. Game yang sangat disukai oleh gamer pada masanya. Generasi 90an, mungkin masih ingat game ini. Awal mula lahir game ini adalah di Negara Jepang pada tahun 1999 mulai dirilis game yang berkolaborasi dengan lambang pepsi . Dengan Mengusung tema Arcade-Adventure tentu saja game ini game yang seru . Mengajak kita melewati setiap rintangan yang datang untuk mencapai garis akhir dari game tersebut.

PEPSIMAN juga adalah maskot dari minuman bersoda asal USA. Dan didalam game ini, PEPSIMAN ditugaskan untuk terus berlari sampai ke garis finish, bukan hanya berlari, dia juga harus pandai-pandai melewati tantangan di hadapannya. Akan ada banyak rintangan dan halangan yang datang . Game ini termasuk game yang paling laris pada saat peluncuran perdananya tersebut.

Manusia Pepsi atau biasa disebut dengan “ PEPSIMAN ” yang dijuluki sebagai The Running Hero , yang bertugas menyelamatkan warga kota yang kotanya mengalami musibah . Pepsiman dengan sigap menolong warga kota yang mengalami kesusahan dengan mengambil kaleng pepsi yang berjatuhan di jalan yang dilewati oleh Pepsiman tersebut . Game ini sangat unik , dimana pada salah satu levelnya , kita diharuskan untuk mengasah reflek tangan yang terintegrasi dengan otak karena Pepsiman akan terkena musibah kepalanya tertutup tong dan itu merubah arah jalan dia menjadi terbalik , kanan menjadi kiri dan kiri menjadi kanan. 

A. Tipe – Tipe Interface dari Game Tersebut

Point Blank : Termasuk kedalam Elemen SPATIAL
Karena Userinterface SPATIAL : adalah mengikuti aturan fiksi permainan semakin mereka dapat membantu memuaskan pemain

Sevent Knights : Termasuk kedalam Elemen NON DIEGETIC
Elemen ini memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan

Harvest Moon : Back To Nature! : Termasuk kedalam Elemen DIEGETIC
Didalam userinteface ini dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetic yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi.

Pepsi Man : Termasuk kedalam Elemen SPATIAL
Karena Userinterface SPATIAL : adalah mengikuti aturan fiksi permainan semakin mereka dapat membantu memuaskan pemain

B. Manfaat Positif & Manfaat Negatif

Manfaat Positif
- Dapat lebih berkonstentrasi akan menyelesaikan suatu masalah
- Dapat mengembangkan kemampuan
- Dapat membantu belajar dari bahasa asing yang ada didalam game tersebut
- Dapat mengalihkan hal-hal negatif yang tidak kita inginkan
- Dapat membentuk rasa percaya diri

Manfaat Negatif
- Membuat kecanduan akan bermain
- Pemain menjadi ketergantungan jika tidak bermain game
- Dapat menggangu Prestasi anak
- Lupa akan waktu
- Akan boros dalam segi keuangan

C. Keunggulan & Kelemahan dalam Game tersebut

Point Blank

Keunggulan :
- Pemaksimalan tampilan grafis
- Terdapat banyak mode dalam game ini
- Terdapat banyak fitur dan lokasi yang berbeda

Kekurangan :
- Karakter dalam game ini minim
- Game hanya mengikuti alur saja
- Mahalnya Item / Karakter dalam game ini

Sevent Knights
Kelebihan :
- Terdapat banyak karakter dalam game ini
- Terdapat banyak item dan senjata dalam game ini
- Game ini menggunakan server Global

Kekurangan :
- Harga Item & Senjata yang terlalu mahal

Harvest Moon : Back To Nature
Kelebihan :
- Game ini mengajarkan kita akan hidup mandiri
- Pemain akan terasa seperti bagaimana cara menjalani hidup
- Game ini menyediakan berbagai macam fitur didalamnya

Kekurangan :
- Terlalu cepat waktu dalam permainan ini.

Pepsi Man
Kelebihan :
- Kita menjadi dapat menjadi lebih tangkas, cepat, tanggap.
- Game ini sangat bagus untuk melatih reflek kita dalam bermain
- Filling kita akan dilatih dalam game ini

Kekurangan :
- Hanya berjalan lurus kedepan saja
- Tidak bisa menggunakan item / senjata
- Karakter hanya 1 orang saja

Daftar Pustaka

FS

A. Efek fisik dalam Teknologi Game

Interaksi Fisik dalam Teknologi Game
Merupakan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan game didalamnya dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga. Game –  game yang melibatkan aktivitas fisik mengharuskan untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh. Contohnya adalah seperti yang disediakan oleh game konsol Nintendo Wii , PS3 Move, Xbox Kinect.

Efek Fisik dalam Game
Gaming dapat melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola yang mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam. Ketiganya memiliki harga yang berlainan yang dapat disesuaikan dengan kocek anda.

Efek dalam Game terdapat menjadi 2 , yaitu :

- Efek Positif dalam Game :
1.Menambah wawasan dalam suatu permainan atau permasalahan
2.Dapat meningkatkan kecerdasan dan keterampilan tangan jika game yang dimainkan adalah game yang baik.
3.Dapat mengasah Bahasa Inggris karena , rata-rata bahasa dalam game adalah bahasa inggris
4.Dapat membuat badan menjadi sehat karena digunakan untuk latihan olahraga fisik seperti game wii fit.
5.Dapat menghilangkan stress, rasa bosan, serta menekan kebiasaan buruk seseorang.

- Efek Negatif dalam Game :
1.Menjadi ketergantungan bermain (kecanduan)
2.Menjadi malas karena asik bermain game
3.Dapat merusak organ mata, Jika terlalu lama menatap Komputer atau PS, dan lain-lain dalam game.
4.Dapat membuang-buang Uang karena membeli apa yang dibutuhkan dalam suatu permainan
5.Waktu menjadi terbuang karena terlalu asik bermain game

B. Collision Detection
Algoritma untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game. Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum method hitTest ini tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara manual koordinat sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan movie clip lain. Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula ukuran movie clipnya.

C. User Interface pada Game Komputer
Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali. Game historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan besar karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat.


Antarmuka Desain Game dan Contoh Kasusnya :

1. Diegetic
Elemen user interface yang diegetik ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi.

- Contoh Kasusnya : adalah Game Assassin’s Creed. Assassin’s Creed berhasil menggunakan banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya futuristik daripada sejarah

2. Meta
Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.

- Contoh Kasusnya :  adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan.

3. Spatial
Desain user interface dalam game berbeda dari desain UI lainnya karena melibatkan unsur tambahan fiksi. Fiksi melibatkan avatar dari pengguna yang sebenarnya, atau player. Pemain menjadi elemen tak terlihat, tapi kunci untuk cerita, seperti halnya narator dalam novel atau film. Fiksi ini dapat langsung dihubungkan ke UI, sebagian terkait, atau tidak sama sekali.

- Contoh Kasusnya : adalah Game historis tidak memiliki hubungan nyata untuk narasi game, kemungkinan besar karena game semasa dulu jarang memiliki unsur-unsur cerita yang kuat.

4. Non-Diagetic
Lalu ada elemen diegetic non-tradisional, elemen-elemen ini memiliki kebebasan untuk benar-benar dihapus dari fiksi permainan dan geometri dan dapat mengadopsi pemakaian visual mereka sendiri, meskipun sering dipengaruhi oleh arah seni permainan. Saya pikir ini unsur paling baik digunakan ketika bentuk diegetik, meta dan spasial memberikan batasan yang melanggar seamlessness atau konsistensi dari elemen UI.

- Contoh Kasusnya : adalah Game World of Warcraft sebagian besar menggunakan non-diegetic UI, satu pengecualian adalah nama pemain yang spatial. Hal ini memungkinkan pengguna untuk sepenuhnya menyesuaikan, mudah-mudahan memastikan pengalaman yang familiar.

Videonya

Efek Fisik dalam Game
 

Collision Detection

User Interface pada Game Komputer